DSCN8927

Karsimudin(48) atau Ki Dalang Sunito Lebdo Utomo tapi lebih terbiasa dengan panggilan Dalang Karsim adalah salah satu warga desa Glempang yang multitalenta. Beliau adalah dalang sekaligus tukang. Karsimudin(48) pria berambut gondrong salah satu pemilik usaha furniture  yang beralamat di desa Glempang RT 2 RW 1 . Tepatnya di  Jalan raya Ajibarang-Glempang sebelah timur Masjid Jami Baitussalam Desa Glempang. Menekuni  usaha furniture dari tahun 1992 sampai sekarang.Bapak 2 anak yang merupakan salah satu tukang kayu, yang mempunyai hobi  mancing, dan badminton ini mengatakan bahwa usaha furniture di jaman sekarang adalah usaha yang cukup menjanjikan karena begitu banyaknya pesanan yang datang ke tempat  Ki Dalang Karsim, dari kursi, meja, lemari,tempat  tidur  dan lain lain. Meskipun sekarang pabrik pabrik besar bayak memasarkan produknya ke desa desa. Tetapi Furniture Kidalang Karsim masih tetap eksis tidak tergerus oleh perkembangan jaman.

DSCN8938

Karsimudin(48) dalang nyentrik penggemar vespa menceritakan kendala yang di hadapi adalah permodalan dan pemasaran . Untuk  transportasi letak tempat usaha furniture ki dalang Karsim cukup strategis, karena tepat di jalur alternatif Purwokerto-Bumiayu/Brebes . Di akui oleh Ki Dalang Karsim sendiri bahwa dia belum memasang papan nama usaha furniture tersebut, sehingga orang yang melintas di jalan tersebut tidak mengetahui adanya tempat usaha Furnitur Ki Dalang Karsim.

DSCN8931

Di tengah kesibukannya  menyelesaikan pesanan furniture, Beliau masih aktif mendalang  di beberapa acara desa ataupun acara hajatan warga. Gaya sabetannya yang khas, membuat ia berbeda dengan dalang dalang lainnya, Kekuatan mengadaptasi cerita membuat lakon lakon yang ia bawakan  menjadi pertunjukan wayang yang komunikatif dan menghibur. Mungkin diantara kalian masih membutuhkan kursi tamu,kursi teras, meja makan,tempat tidur,almari pakaian,buffet, atau produk furniture lainya bias datang langsung ke tempat Bapak Karsimudin atau mungkin desa kalian ingin memeriahkan HUTRI dengan pagelaran wayang kulit, atau saudara lagi hajatan pengin nanggap wayang, bisa menghubungi di nomor ini 081 903 524 959.

DSCN8947

Di temui kami pagi itu, Dalang Karsim masih sibuk menyelesaikan meja makan pesanan pelanggannya. Di temani anak anak Pos PAUD Teratai yang sedang melakukan kegiatan tema pembelajaran, dengan sabar ia menerangkan setiap pertanyaan yang di ajukan anak anak dari alat alat dan kegunaannya di terangkan semua oleh Ki Dalang Karsim, tidak lupa menuruti kemauan Ibu guru untuk berfoto bersama anak anak dan Ibu guru Pos PAUD Teratai di halaman rumahnya. (bapiek)