DSCN7995

Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) merupakan strategi pemerintah (Kemenkes) dalam mengendalikan penyakit tidak menular yang mengkhawatirkan. Penyakit tidak menular seperti hipertensi,diabetes,stroke,jantung,ginjal dan lainnya. Posbindu PTM membutuhkan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan resiko PTM (Penyakit Tidak Menular). Pemantauan factor resiko PTM harus di laksanakan secara rutin dan terpadu. Kegiatan Posbindu Teratai yang sering di laksanakan adalah pemeriksaan fisik, mulai dari darah,berat badan, tinggi badan dan lingkar perut. Jika ada keluhan maka bisa di rujuk ke Puskesmas. Biasanya petugas Puskesmas Pekuncen akan ikut membina kegiatan ini karena ini juga merupakan salah satu program UKM yang bersumber daya dari masyarakat itu sendiri.

DSCN8000

Manfaat dan tujuan Posbindu atau lebih di kenal dengan istilah 5 M yaitu:

  1. Mawas Diri
  2. Membudayakan Gaya Hidup Sehat
  3. Mudah Dijangkau
  4. Murah Dilaksanakan
  5. Metodelogis dan bermakna secara klinis

Bentuk pelayanan kegiatan di Posbindu dilakukan menggunakan pelayanan 5 meja antara lain :

  1. Pendaftaran
  2. Wawancara
  3. Pengukuran fisik dan Pemeriksaan
  4. Konseling dan rujukan
  5. Pencatatan dan Pelaporan

Adapun alat alat yang di gunakan untuk pemeriksaan di Posbindu Teratai Desa Glempang antara lain : alat analisa lemak tubuh, alat ukur tinggi badan, alat ukur lingkar perut, alat ukur gula dan lemak darah, alat ukur tekanan darah dan timbangan berat badan. Untuk cek gula darah, asam urat di kenakan biaya Rp. 10.000,- dan Rp.25.000,- untuk cek kolestrol sedangkan untuk ukur tinggi badan, timbangan berat badan, ukur lingkar perut dan ukur tekanan darah tidak di kenakan biaya (gratis). Berikut jadwal pelayanan POSBINDU Teratai Desa Glempang Kecamatan Pekuncen Tahun 2016

  1. Rabu (Minggu ke 1)  Posbindu Teratai 1 RT 1,2,3,4 RW 1
  2. Sabtu (Minggu ke 1)  Posbindu Teratai 2 RT 5,6,7 RW 1 dan RT 1,2,3,4 RW 2
  3. Rabu (Minggu ke 2)  Posbindu Teratai 3 RT 5,6,7,8 RW 2
  4. Sabtu (Minggu ke 2)  Posbindu Teratai 4 RT 1,2,3,4,5,6 RW 3
  5. Sabtu (Minggu ke 3)  Posbindu Teratai 5 RT 1,2,3,4 RW 4

Untuk pelaksanaan apabila Kader Posbindu di anggap sudah mampu melaksanakan kegiatan sendiri, maka Posbindu bisa berjalan sendiri ungkap Kabul Suwito, selaku Ketua POSBINDU Teratai Desa Glempang yang telah mendapatkan pelatihan/pembekalan sebagai Kader Posbindu. (bapiek)