DSCN8361

Rabu 16 Nopember 2016 Pos PAUD Teratai melakukan kunjungan ke BBPTU-HPT(Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak) Baturaden. Kunjungan tersebut dengan maksud pembelajaran anak didik Pos PAUD Teratai. Pembelajaran dengan sub tema binatang ternak dengan maksud mengenalkan binatang ternak( sapi perah ), dari penjelasan makanan , tempat hidup dan kegunaan binatang sapi perah, dan di akhir pembelajaran anak anak dapat menikmati minuman susu segar yang di sediakan para Ibu ibu Pendidik Pos PAUD Teratai. Tampak wajah wajah ceria kagum dan takjub dengan banyaknya sapi perah dan indahnya pemandangan di BBPTU-HPT Baturaden.

DSCN8333

Pembelajaran anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. Melalui tema pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah mengenal suatu konsep pengetahuan dan dapat mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Dengan demikian, indikator perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pendidik PAUD banyak mengalami kendala dalam mengembangkan tema pembelajaran. Hal ini antara lain disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, kreativitas, kepekaan dan keberanian pendidik.

DSCN8345

Dengan menggunakan tema pembelajaran, diharapkan akan bermanfaat dalam :

  1. Menghubungkan bahasan satu dengan lainnya, sesuai dengan cara berpikir anak.
  2. Sebagai Topik bahasan. Topik bahasan yang dekat dan dikenal anak membuat anak lebih dapat terlibat di dalamnya.
  3. Menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan yang baru  yang sudah dimiliki anak.
  4. Memudahkan pendidik PAUD dalam pengembangan kegiatan belajar sesuai dengan konsep dan sarana yang dimiliki lingkungan.

DSCN8414

Setelah puas mengelilingi area Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak dan puas melihat sapi perah, anak anak didik Pos PAUD Teratai di ajak ke tempat lokasi wisata di sekitar BBPTU-HPT yaitu Karang Pengiyongan. Sekaligus pembelajaran sub tema Rekreasi dari pengenalan tempat rekreasi, kegunaan rekreasi dan tata tertib rekreasi contohnya tidak membuang sampah, tidak merusak tanaman di tempat rekreasi. Tidak lupa makan siang setelah selesai pembelajaran. Dan di akhir kegiatan anak didik di perbolehkan berenang/main air di lokasi Karang Pengiyongan. (bapiek)DSCN8392